TINJAUAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI METODE PEMBELAJARAN CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengkaji pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) ditinjau dari pandangan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Metode Penelitian yang digunakan Systematic Literature Review (SLR). Data dalam penelitian ini diperoleh dari 20 Jurnal artikel yang dikumpulkan melalui Google Scholar dan tidak lupa aplikasi Publish or Perish (PoP) dengan kata kunci “Metode Pembelajaran CTL” dan “Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Analisis data dilakukan secara mendalam untuk ditarik simpulan. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa ontologi model pembelajaran CTL menekankan untuk menuntut peserta didik dapat berperan aktif dalam tindakan nyata saat proses belajar mengajar dikelas bertujuan supaya siswa bisa mampu mengimplementasikan pengetahuannya untuk membangun pemahamannya secara aktif ,mandiri dan kreatif. Epistemologi Model Contextual Teaching and Learning menekankan bahwa pengetahuan diperoleh melalui kontruksi pengetahuan setiap masing-masing individu dalam konteks sosialnya. Epistemologi CTL berfokus pada proses bagaimana pengetahuan yang diperoleh, melewati dari tahap prosesnya,dan mampu diterapkan dalam kehidupan nyata lebih cenderung proses belajar yang bermakna dan nyata, yaitu menilai kemampuan yang sebenarnya pada setiap siswa. Adapun, Aksiologi Model CTL menekankan pada nilai dan manfaat pengetahuan dalam kehidupan nyata. Aksiologi CTL untuk memecahkan masalah, meningkatkan motivasi belajar siswa supaya bisa percaya diri.