PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT BANTEN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DIGITAL DI SMA

Main Article Content

Trisnawati Trisnawati
Andoyo Sastromiharjo
Arianto
Muhammad Bujaya
Stella Talitha
Barkatun Nisa Alfia
Nina
Rika Kustina

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut transformasi strategi pembelajaran di jenjang SMA. Literasi digital menjadi kompetensi esensial agar peserta didik mampu berpikir kritis, menyaring informasi, dan berpartisipasi aktif dalam ekosistem digital. Namun, data Susenas BPS (2023) menunjukkan hanya 34,2% pelajar SMA di Banten menggunakan internet untuk belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas media interaktif Quizizz dalam pembelajaran cerita rakyat Banten terhadap peningkatan literasi digital, pemahaman isi cerita, dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental pretest-posttest control group design, di SMA Negeri 5 Pandeglang. Instrumen penelitian meliputi tes literasi digital, pemahaman cerita, dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen (menggunakan Quizizz) dan kelompok kontrol (metode konvensional), dengan peningkatan lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Angket juga menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis Quizizz. Integrasi cerita rakyat lokal melalui media digital terbukti memperkuat literasi digital sekaligus membangun kecintaan terhadap budaya. Penelitian ini memberi kontribusi praktis bagi guru dan sekolah dalam merancang pembelajaran Bahasa Indonesia yang adaptif, kontekstual, dan menyenangkan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT BANTEN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DIGITAL DI SMA. (2025). SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(4), 15-29. https://doi.org/10.32682/1w48d667
Section
Articles

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT BANTEN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DIGITAL DI SMA. (2025). SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(4), 15-29. https://doi.org/10.32682/1w48d667