IMPLEMENTASI APLIKASI VISTACREATE DALAM PEMBUATAN VISUALISASI PADA TEKS PERSUASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA  SMAN 1 BESUK

Main Article Content

Dewi Malikal Balgis Dewi
Abu Yazid Adnan Quthny
Fatih Holis Ahnaf

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi teks persuasi yang cenderung dianggap monoton oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi VistaCreate dalam membantu visualisasi teks persuasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Besuk. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi pembelajaran selama empat pertemuan, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi hasil karya dan aktivitas belajar. Peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VistaCreate mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur teks persuasi, mendorong kreativitas visual, serta memperkuat keterampilan literasi digital dan komunikasi. Meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan jaringan internet, siswa tetap menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif. VistaCreate terbukti menjadi media pembelajaran yang efektif, kontekstual, dan sesuai untuk mengintegrasikan teknologi serta keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
IMPLEMENTASI APLIKASI VISTACREATE DALAM PEMBUATAN VISUALISASI PADA TEKS PERSUASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA  SMAN 1 BESUK. (2025). SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 34-46. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v13e2/37/
Section
Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI APLIKASI VISTACREATE DALAM PEMBUATAN VISUALISASI PADA TEKS PERSUASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA  SMAN 1 BESUK. (2025). SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 34-46. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v13e2/37/