ANALISIS BUTIR SOAL DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX BERDASARKAN HOTS
Main Article Content
Abstract
Hasil studi secara internasional, Programme For International Student Asessment (PISA) pada tahun 2022 yang ditetapkan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), Indonesia berada di peringkat 69 dengan skor; matematika (379), sains (398), dan membaca (359), pada kemampuan membaca ini mengalami penurunan yang signifikan dalam 5 tahun terakhir, Hasil PISA menunjukkan bahwa keterampilan abad 21 siswa, seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) masih belum cukup ditangani dengan baik, kurangnya peningkatan nilai PISA, adalah tantangan yang harus dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia. HOTS dalam buku teks dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan kategori kognitif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada butir soal yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kurikulum merdeka tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan analisis isi. Hasil penelitian, ditemukan sebanyak 52 butir soal yang dikategorikan HOTS. Dengan butir soal yang berkategori menganalisis (C4) lebih mendominasi, yaitu sebanyak 28 soal, kategori mengevaluasi (C5) sebanyak 14 butir soal, dan Mencipta (C6) yang frekuensi soal yang ditemukan lebih sedikit yaitu 10 soal. Penelitian ini menunjukkan bahwa butir soal yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia SMP kelas IX dapat dikategorikan baik.