PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS AI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA KELAS X SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan sebuah modul ajar berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X di SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah ASSURE, yang mencakup enam tahap: Analyze Learners, State Objectives, Select Methods, Media and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, dan Evaluate and Revise. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan angket. Modul dikembangkan dengan pendekatan project-based learning dan pemanfaatan alat AI seperti ChatGPT dan AI Writing Assistant untuk membantu siswa dalam memilih diksi, menyusun bait, dan merevisi puisi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan menulis puisi siswa, dengan rata-rata skor meningkat 15,4 poin dari pre-test (68,1) ke post-test (83,5). Selain itu, 87% siswa merasa modul membantu dalam pemilihan diksi, dan 78% menyatakan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modul ajar berbasis AI efektif dalam meningkatkan ekspresi kreatif, keterampilan menulis, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran puisi. Inovasi ini menjadi model pembelajaran yang relevan di era abad ke-21 dan mendukung integrasi teknologi AI dalam pendidikan bahasa dan sastra.