IMPLEMENTASI TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM MATERI CERITA FANTASI KELAS VII SMP SIROJUL ARIFIN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi cerita fantasi, yang sering kali menuntut strategi pengajaran adaptif agar sesuai dengan tingkat kemampuan siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa SMP kelas VII. Pendekatan ini menekankan pengelompokan siswa berdasarkan tingkat kemampuan, bukan usia atau kelas. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan TaRL mendorong peningkatan kemampuan menulis siswa secara bertahap, mulai dari menyusun alur sederhana hingga mengekspresikan imajinasi secara kreatif, serta menciptakan suasana belajar yang inklusif dan suportif. Dengan demikian, pendekatan TaRL terbukti mampu mengoptimalkan proses pembelajaran cerita fantasi melalui strategi pengajaran yang responsif terhadap kebutuhan individu siswa.