IMPLEMENTASI TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM MATERI CERITA FANTASI KELAS VII SMP SIROJUL ARIFIN

Main Article Content

nadirah-silviana evi
Abdul Aziz
Magfirotul Hamdiah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi cerita fantasi, yang sering kali menuntut strategi pengajaran adaptif agar sesuai dengan tingkat kemampuan siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa SMP kelas VII. Pendekatan ini menekankan pengelompokan siswa berdasarkan tingkat kemampuan, bukan usia atau kelas. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan TaRL mendorong peningkatan kemampuan menulis siswa secara bertahap, mulai dari menyusun alur sederhana hingga mengekspresikan imajinasi secara kreatif, serta menciptakan suasana belajar yang inklusif dan suportif. Dengan demikian, pendekatan TaRL terbukti mampu mengoptimalkan proses pembelajaran cerita fantasi melalui strategi pengajaran yang responsif terhadap kebutuhan individu siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
IMPLEMENTASI TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM MATERI CERITA FANTASI KELAS VII SMP SIROJUL ARIFIN. (2025). SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 11-23. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v13e2/30/
Section
Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM MATERI CERITA FANTASI KELAS VII SMP SIROJUL ARIFIN. (2025). SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 11-23. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v13e2/30/